0
Sejarah Sepeda Lowrider (Custom Bike)
Posted by Unknown
on
10.21
Bosan banget nih klo kuliah tak da dosen..
=> Beberapa Gambar Yang dapat saya tampilkan:
Maap jika gambar sepeda saya jelek.. :)karna memang jelek :D
post saya copy dari http://sepedalowrider.weebly.com/sejarah.html
Selagi saya banyak waktu, pengen aja gitu di blog saya ada sejarah tentang sepeda lowrider atau sering juga di sebut sepeda custom bike.
Sepeda Low Rider pertama kali di perkenalkan pada tahun 1960an, sepeda
ini pertama kali di perkenalkan oleh The “custom” king George Barris,
sebelum menemukan sepeda low rider si Tuan King ini pekerjaanya adalah
menceperkan mobil, Memang saat itu virus Mobil Low Rider sedang
mewabah di kalangan anak muda Amerika, Tetapi trend itu hanya bisa
dirasakan oleh anak2 muda dari keluarga kaya saja karena untuk membuat
sebuah mobil low rider membutuhkan uang yang tidak sedikit, sementara
anak2 dari kalangan bawah hanya bisa melongo.
Melihat situasi
seperti itu si King mendapatkan ide dengan mencoba membangun sebuah
sepeda yang mengacu pada kesan low rider, untuk eksperimen pertama
kali si King menerapkan pada sepedanya. Mulailah si King ini
memperkenalkan kreasinya dari situ bisa di tebak banyak anak2 dari
keluarga yang kurang mampu beralih berkreasi membuat sepeda low rider.
Melihat peluang trend sepeda LR yang mulai di gandrungi akhirnya pada
tahun 1963 pabrik sepeda SCHWIIN untuk pertama kalinya mengeluarkan
model revolusi baru “New Cruiser STING RAY, model ini dibuat mengacu
pada model motor model dragster yang sedang ngetop pd saat itu.Karena
model tersebut nyaman di kendarai begitu juga dengan desainnya yg unik
maka model tersebut menjadi booming dan digemari oleh anak2 muda.
Model Sting Ray
Dikalangan sekelompok anak muda di daerah selatan Los Angeles Chicanos
sepeda Low Rider banyak yang telah di modifikasi seperti framenya,
fork di buat spring fork trus dikasih tambahan spion dan yang paling
extreme adalah frame di buat lebih ceper / pendek lagi, tapi kebanyakan
dari mereka adalah memendekannya. Pabrikan sepeda Schwiin juga tidak
mau kalah terispirasi kaum latin yang suka blink-blink maka mereka
menambahkan lapisan krom pada sepeda buatannya seperti mobil2 low
rider.
II. Sejarah Sepeda Lowrider di IndonesiaSepeda
jenis Lowrider masuk ke Indonesia sekitar akhir tahun 70an dengan
sebutan yang bermacam-macam seperti salah satunya sepeda kumbang mini.
Karena waktu peredaran atau penyebaran yang terbilang sempit kurang
lebih sepuluh tahun, menjadikan sepeda jenis ini berjumlah lebih sedikit
dibandingkan sepeda jenis ontel, MTB, mini dan BMX. Selain dari
Indonesia, kebanyakan sepeda lowrider dengan jenis stingray 20 dan beach
cruiser 26 didatangkan (import) dari negara-negara asia seperti jepang
dan cina, walaupun terdapat pula sebagian kecil dari benua barat
seperti Amerika dan Eropa. Dari Indonesia merk yang terkenal adalah
Benny Indonesia, dari Jepang terkenal dengan merk Benny Japan, Fuji
Feather, dan lain-lain, negara Cina dengan Phoenix dan negara benua
barat dengan Schwinn (Chicago AS), Raleigh (Inggris), Stelber
(Amerika), Murray (Amerika), Western Flyer (Amerika) atau pun dari
Lowrider Bicycle Inc (Amerika/Australia).
Aliran Lowrider atau yang
sering disebut dengan ceper masuk Indonesia sekitar pertengahan 90an.
Pada awalnya Lowrider hanya dilakukan untuk kendaraan bermotor
khususnya mobil. Karena modal yang dikeluarkan tidaklah terlalu mahal,
banyak yang mengadopsi aliran ini. Pada akhir ‘90 aliran ini banyak
diadopsi oleh para pemakai sepeda motor. Untuk sepeda sendiri tidak ada
yang tahu pasti kapan aliran Lowrider mulai diikuti, sekitar tahun
2003 seiring dengan banyaknya pemakai dan pemodifikasi sepeda motor
yang tertarik memainkan sepeda jenis ini, aliran lowrider pun mulai
banyak dikuti sebagai dasar memodifikasi sepeda.
=> Beberapa Gambar Yang dapat saya tampilkan:
Maap jika gambar sepeda saya jelek.. :)karna memang jelek :D
post saya copy dari http://sepedalowrider.weebly.com/sejarah.html
Posting Komentar